I.
|
PERSYARATAN UMUM.
|
|
|
|
|
||||||
|
1.
|
Warga Negara Indonesia;
|
|
|
|
|
|||||
|
2.
|
Berusia serendah-rendahnya 18
(delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada
tanggal 1 Januari 2015;
|
|||||||||
|
3.
|
Tidak pernah dihukum penjara atau
kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum
yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
|
|||||||||
|
4.
|
Tidak pernah diberhentikan dengan
hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai
Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
|
|||||||||
|
5.
|
Tidak berkedudukan sebagai
calon/Pegawai Negeri;
|
|
|
|
|
|||||
|
6.
|
Mempunyai pendidikan, kecakapan,
keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
|
|
|
|||||||
|
7.
|
Berkelakuan baik;
|
|
|
|
|
|||||
|
8.
|
Sehat jasmani dan rohani;
|
|
|
|
|
|||||
|
9.
|
Bersedia ditempatkan di seluruh
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan
oleh pemerintah; dan
|
|||||||||
|
10.
|
Syarat lain yang ditentukan dalam
persyaratan jabatan.
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
II.
|
PERSYARATAN KHUSUS
|
|
|
|
|
||||||
|
1.
|
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
minimal 3,00 (tiga koma nol-nol) untuk semua kualifikasi pendidikan (D.III,
D.IV, S1 dan S2) dan pendidikan profesi yang dipersyaratkan, meliputi formasi
Dokter Umum Pertama, Dokter Spesialis Pertama, Perawat Pertama, Apoteker
Pertama, Auditor Pertama, Pranata Laporan Keuangan, Medik Veteriner Pertama.
|
|||||||||
|
2.
|
Pelamar formasi Jabatan Satuan
Polisi Pamong Praja Pelaksana, tinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155
cm untuk Wanita.
|
|||||||||
|
3.
|
Pelamar formasi Jabatan Tenaga
Kesehatan :
|
|
|
|
|
|||||
|
|
a.
|
Tidak buta warna;
|
|
|
|
|
||||
|
|
b.
|
Memiliki Surat Tanda Registrasi
(STR)/Surat Ijin Perawat (SIP)/Surat Ijin Bidan (SIB) yang masih
berlaku.
|
||||||||
|
4.
|
Bersedia membuat surat pernyataan
bermaterai Rp. 6000,- yang menyatakan :
|
|
|
|||||||
|
|
a.
|
Bersedia ditempatkan pada semua
SKPD/UPT Pemerintah Provinsi Jawa Tengah;
|
||||||||
|
|
b.
|
Bersedia tidak mengajukan
permohonan pindah ke luar Instansi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kecuali
telah memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun
terhitung sejak Pengangkatan CPNS;
|
||||||||
|
|
c.
|
Bersedia dinyatakan tidak memenuhi
syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat
ketidaksesuaian antara data registrasi pendaftaran (Nama dan NIK) dan atau
data input pendaftaran peserta dan atau berkas administrasi sesuai ketentuan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
III.
|
TATA CARA PENDAFTARAN
|
|
|
|
|
||||||
|
Pendaftaran menggunakan media
Internet (online registration), dengan tata cara :
|
|
|
||||||||
|
1.
|
Melakukan registrasi melalui
portal panselnas di https://panselnas.menpan.go.id dengan memasukan
data pribadi sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), Instansi yang dipilih dan
alamat e-mail.
|
|||||||||
|
2.
|
Melakukan pendaftaran di https://sscn.bkn.go.id
dengan memasukan username dan password yang sudah dikirim via e-mail, dengan
tahapan
|
|||||||||
|
|
a.
|
Klik DAFTAR untuk mengisi formulir
pendaftaran.
|
|
|
|
|
||||
|
|
b.
|
Isi formulir pendaftaran yang
muncul.
|
|
|
|
|
||||
|
|
c.
|
Pastikan isian data pribadi pada
formulir pendaftaran sesuai dengan KTP.
|
|
|||||||
|
|
d.
|
Pastikan isian jabatan sesuai
dengan kualifikasi pendidikan.
|
|
|
||||||
|
|
e.
|
Klik check box mengenai kebenaran
data yang telah dimasukkan.
|
|
|
|
|||||
|
|
f.
|
Masukkan kode captcha yang
tertera.
|
|
|
|
|
||||
|
|
g.
|
Klik tombol Daftar untuk memproses
pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
|
|
|||||||
|
|
h.
|
Cetak tanda bukti pendaftaran,
tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF dapat disimpan dan
dicetak di tempat lain.
|
||||||||
|
3.
|
Peserta wajib mengirimkan tanda
bukti pendaftaran dan berkas pendukung dalam amplop tertutup ukuran 35 x 25
cm ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah melalui PO BOX CPNS PROV JATENG
2014, yang terdiri dari :
|
|||||||||
|
|
a.
|
Surat lamaran ditujukan kepada
Gubernur Jawa Tengah yang ditandatangani dan berbahasa Indonesia;
|
|
|||||||
|
|
b.
|
Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 cm
sebanyak 4 (empat) lembar yang ditempel pada lembar biodata (pas photo
ditulisi nama dan alamat pelamar disebaliknya);
|
||||||||
|
|
c.
|
Foto copy KTP yang masih berlaku
diperbesar 200 % dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang serendah-rendahnya
Kepala Desa/Lurah/pejabat setingkat tempat KTP dikeluarkan;
|
||||||||
|
|
|
Apabila Kepala Desa/Lurah/ pejabat
setingkat berhalangan, dapat ditandatangani oleh pejabat dibawahnya untuk
atas nama Kepala Desa/Lurah/ pejabat setingkat (tertulis a.n. Kepala
Desa/Lurah/pejabat setingkat);
|
||||||||
|
|
|
Foto copy Surat Keterangan dari
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota tempat pelamar
melaksanakan perekaman KTP elektronik bagi pelamar yang telah melakukan
perekaman KTP elektronik namun belum menerima fisik KTP elektronik yang dilegalisasi
oleh pejabat yang berwenang;
|
||||||||
|
|
d.
|
Foto copy ijazah dan transkrip
nilai sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, dilegalisasi oleh
pejabat berwenang dan tidak diperkenankan ijazah sementara/Surat Keterangan
Lulus.
|
||||||||
|
|
|
Untuk formasi yang dipersyaratkan
profesi, meliputi Dokter Umum Pertama, Dokter Spesialis Pertama, Perawat
Pertama, Apoteker Pertama, Auditor Pertama, Pranata Laporan Keuangan, Medik
Veteriner Pertama, wajib melampirkan Foto Copy ijazah profesi dan transkip
nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
|
||||||||
|
|
e.
|
Asli Surat Keterangan dari Dokter
RSUD/Puskesmas/RS TNI/RS POLRI yang menyatakan :
|
|
|||||||
|
|
|
1)
|
tinggi badan, bagi pelamar formasi
Jabatan Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana;
|
|
||||||
|
|
|
2)
|
tertulis "tidak buta
warna" bagi pelamar formasi Tenaga Kesehatan.
|
|
||||||
|
|
f.
|
Foto copy STR/SIP/SIB dilegalisasi
oleh pejabat yang berwenang (KKI/MTKI/MTKP) bagi pelamar formasi Tenaga
Kesehatan;
|
||||||||
|
|
g.
|
Surat Pernyataan bermaterai Rp.
6.000,- yang menyatakan :
|
|
|
||||||
|
|
|
1)
|
Bersedia ditempatkan pada semua
SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah;
|
|
||||||
|
|
|
2)
|
Bersedia tidak mengajukan
permohonan pindah ke luar Instansi;
|
|
||||||
|
|
|
3)
|
Bersedia dinyatakan tidak memenuhi
syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan berdasarkan hasil
seleksi;
|
|||||||
|
|
h.
|
Amplop kecil ukuran 23 x 11 cm
berperangko (sesuai ketentuan tarif PT. POS INDONESIA) sebagai amplop balasan
hasil seleksi administrasi dan pengiriman kartu peserta ujian yang telah
dituliskan nama, alamat lengkap dan nomor telepon/HP.
|
||||||||
|
4.
|
Berkas kelengkapan akan dilakukan
seleksi administrasi dan hasilnya akan diinformasikan melalui website https://cpns.jatengprov.go.id.
|
|||||||||
|
|
Peserta yang dinyatakan memenuhi
syarat (MS) akan mendapatkan Kartu Peserta dan undangan sedangkan peserta
yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) akan mendapatkan surat balasan,
yang dikirimkan melalui PT. POS INDONESIA.
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
IV.
|
LAIN-LAIN.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1.
|
Legalisasi dokumen dilakukan
dengan ketentuan :
|
|
|
|
|
|||||
|
|
a.
|
Legalisasi harus dibubuhi tanda
tangan asli pejabat yang berwenang dan distempel instansi/lembaga setelah
dilakukan verifikasi sesuai dengan fakta dan data atau dokumen aslinya;
|
||||||||
|
|
b.
|
Legalisasi dengan men-scan dokumen
asli dinyatakan tidak memenuhi syarat;
|
|
|
||||||
|
|
c.
|
Pelamar agar mencermati seluruh
kelengkapan berkas dan memastikan Legalisasi sesuai dengan
ketentuan.
|
||||||||
|
2.
|
Pengiriman berkas administrasi
pendaftaran dilakukan dengan cara datang langsung sesuai jam kerja PT.
POS INDONESIA dan Panitia hanya memproses berkas pendaftaran yang dikirim
melalui PT. POS INDONESIA.
|
|||||||||
|
3.
|
Biaya pengiriman berkas
administrasi pendaftaran dan balasan menjadi tanggungjawab
pelamar.
|
|
||||||||
|
4.
|
Pelamar hanya dapat melakukan
registrasi dan pendaftaran 1 (satu) kali, namun dapat memilih 3 (tiga)
formasi jabatan dalam satu instansi (single entry) dengan kualifikasi
pendidikan yang sama dimana kelulusan didasarkan pada prioritas formasi
jabatan yang dilamar.
|
|||||||||
|
5.
|
Bagi pelamar yang terbukti
melakukan perjokian, dinyatakan TIDAK LULUS/GUGUR.
|
|||||||||
|
6.
|
Seluruh dokumen yang telah
diserahkan, menjadi milik Tim Pengadaan CPNS Provinsi Jawa Tengah dan tidak
dapat diminta kembali.
|
|||||||||
|
7.
|
Keputusan Tim Pengadaan CPNS
Provinsi Jawa Tengah tidak dapat diganggu gugat.
Sumber : https://panselnas.menpan.go.id
|
Sebuah Blog yang memberikan informasi bermanfaat bagi kalangan yang haus akan ilmu pengetahuan
Selasa, 09 September 2014
PERSYARATAN CPNS PROV JATENG
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar